Monday 27 February 2023

Aplikasi Komputer Rekam Layaaaaaar OBS

Diterjemahkan dari bahasa Inggris-OBS Studio adalah aplikasi screencasting dan streaming gratis, sumber terbuka, dan lintas platform. Ini tersedia untuk Windows, macOS, distribusi Linux, dan BSD. Proyek OBS mengumpulkan dana di platform Open Collective dan Patreon. Wikipedia (Inggris)
Dowload
OBS-Studio-27.0.1-Full-Installer-x64

https://drive.google.com/file/d/1YTyLw_gVu9qtIYystpRsgGdhYcZVdg3h/view?usp=share_link 

Labels:

Google Meet || Rapat dan panggilan video untuk semua orang

beberapa manfaat menggunakan Google Meet sebagai aplikasi video conference yang meliputi hal berikut.

  • Kemudahan akses untuk pengguna versi gratis dan juga versi fleksibel untuk pengguna berbayar
  • Memiliki batasan waktu akses 60 menit untuk pengguna gratis
  • Terhubung dan terintegrasi secara organik dengan akun Google atau surel berbasis Google (Gmail)
  • Meningkatkan potensi produktivitas dan peluang keterlibatan banyak pihak sebagai ruang mengobrol
  • Peserta dan pengguna bisa berbagi dokumen, spreadsheet, presentasi dan berbagai alat bantu layar sehingga dapat terjadi umpan balik real-time
  • Terintegrasi dengan Google Contact dan Google Calendar sehingga mudah mengingat jadwal rapat maupun partisipan
  • Ramah pengguna karena tidak perlu mengunduh maupun menginstal aplikasi untuk desktop
  • Undangan rapat bisa terintegrasi lewat Gmail secara otomatis

Dilansir laman situsnya, Google Meet mengklaim bahwa mereka memiliki beberapa fitur unggulan sebagai berikut.

  • Jumlah pertemuan yang tidak terbatas
  • Dapat mengundang hingga 100 peserta ke dalam rapat
  • Memiliki fitur teks langsung selama rapat secara real-time yang didukung oleh teknologi pengenalan suara Google
  • Kompatibilitas terhadap seluruh perangkat, baik desktop/laptop, Android, maupun macOS/iOS
  • Memiliki layar pratinjau video dan audio untuk melakukan pengecekan kamera serta mikrofon, berikut pula virtual background yang bisa digunakan
  • Memiliki pratinjau mengenai siapa saja yang telah bergabung dalam rapat
  • Didukung tata letak dan pengaturan layar secara otomatis untuk menampilkan peserta yang paling aktif
  • Fasilitas kontrol bagi Host untuk menyematkan, membisukan, atau mengeluarkan peserta
  • Berbagi pesan dan tautan dengan mudah antar peserta rapat.
  • Fitur integrasi otomatis untuk penjadwalan rapat lewat Google Calendar maupun presentasi pekerjaan secara langsung lewat Google Workspace

Labels:

Thursday 16 February 2023

Windows mendeteksi bahwa partisi sistem EFI diformat sebagai NTFS

Terkadang, Anda akan diminta oleh pesan kesalahan: Windows mendeteksi bahwa partisi sistem EFI diformat sebagai NTFS. Ada pengguna menulis ini:

Saya mencoba menginstal Windows 10 ke drive SSD saya, dan muncul pesan kesalahan:

Windows mendeteksi bahwa partisi sistem EFI diformat sebagai NTFS. Format partisi sistem EFI sebagai FAT32, dan mulai ulang penginstalan.

Kesalahan Partisi Sistem EFI

Jadi, saya meletakkan SSD di laptop saya dan memformatnya sebagai FAT32, ketika saya melakukan itu, saya mendapat pemberitahuan bahwa itu perlu diformat ke NTFS. Saya sangat bingung dengan masalahnya; tolong bantu saya, terima kasih.

Apa itu partisi Sistem EFI?

Partisi sistem EFI (ESP) adalah partisi pada perangkat penyimpanan data dan digunakan oleh komputer yang mengikuti Unified Extensible Firmware Interface (UEFI). Kapasitas partisi sistem EFI kira-kira 100~500MB dan berisi boot loader, file driver perangkat, dan program utilitas sistem serta file data seperti log kesalahan. Firmware UEFI memuat file-file yang disimpan di ESP untuk memulai Windows saat boot.

Partisi sistem EFI harus diformat ke FAT32 sementara Windows harus diinstal ke partisi yang diformat sebagai NTFS. Biasanya, Anda akan membuat partisi sistem EFI setelah menginstal Windows pada disk GPT. Partisi sistem EFI tidak memiliki huruf drive secara default untuk mencegah penghapusan atau modifikasi yang tidak disengaja.

Bagaimana cara memperbaiki Windows yang mendeteksi bahwa partisi sistem EFI diformat sebagai kesalahan NTFS?

Sangat mudah untuk mengatasi kesalahan partisi sistem NTFS EFI. Hapus semua partisi pada HDD sampai hanya ada ruang yang tidak terisi dan kemudian klik tombol berikutnya, Windows akan membuat partisi sendiri. Anda tidak perlu mengubah partisi sistem EFI ke FAT32 secara manual. Berikut langkah-langkahnya:

Catatan: Jika Anda memiliki profil penting di HDD Anda, harap buat cadangan terlebih dahulu, lalu lakukan langkah-langkah berikut.

1. Mulai ulang PC Anda. Tekan F2, F9, F10, Del atau Esc untuk masuk ke BIOS Anda untuk mengatur boot PC Anda dari stik USB instalasi atau drive DVD. Simpan perubahan pengaturan.

2. Masukkan stik USB atau drive DVD instalasi Anda dan mulai ulang PC Anda. Sekarang PC Anda sekarang harus boot ke program Pengaturan Windows .

3. Pilih bahasa, format waktu dan mata uang, serta metode input, lalu klik Berikutnya .

Pilih bahasa

4. Tekan tombol Instal Sekarang . Masukkan Kunci Windows Anda jika diminta, baca dan terima lisensi perangkat lunak.

Instal sekarang

5. Pilih Custom: Install Windows only (advanced) di jendela Where type of installation do you want .

Instal Khusus Windows Hanya Tingkat Lanjut

6. Di jendela berikutnya, Anda akan diminta: Di mana Anda ingin menginstal Windows? Dan beberapa partisi (jika disk Anda memiliki sistem operasi sebelumnya) akan muncul. Klik partisi dan pilih Hapus , dan hapus satu per satu hingga hanya ada ruang yang tidak terisi.

Di mana Anda Ingin Menginstal Windows

Maka proses instalasi Windows akan berjalan lancar. Windows mendeteksi bahwa partisi sistem EFI telah diformat karena masalah NTFS akan diselesaikan sekarang.

Bagaimana cara menghapus partisi sistem EFI dengan mudah?

Terkadang, Anda mungkin ingin menghapus partisi sistem EFI karena beberapa alasan. Secara umum, partisi sistem EFI tidak dapat dihapus di sistem operasi Windows. Dengan demikian, Anda akan menemukan hapus volume berwarna abu dalam Manajemen Disk. Bagaimana cara menghapus partisi sistem EFI dengan mudah? Ada dua cara untuk menghapus: DiskPart dan AOMEI Partition Assistant.

Labels:

Monday 13 February 2023

Rekomendasi aplikasi kasir berbasis Android dan juga iOS || Kasir Pintar

 www.operatormadrasahhebat.my.id_Rekomendasi aplikasi kasir berbasis Android dan juga iOS selanjutnya yaitu Kasir Pintar bisa untuk toko dan terkoneksi secara online.

Jika ingin menggunakan aplikasi ini, maka Anda bisa memiliki antara versi gratis dan versi berbayar ( full version ).

Pada versi gratis, fitur yang ditawarkan oleh aplikasi kasir ini sudah cukup lengkap untuk toko, yakni meliputi harga barang, pencatatan stok barang, dan scan barcode produk.
Selain itu, aplikasi kasir online gratis ini juga menawarkan fitur backup otomatis, jadi Anda tidak usah khawatir sewaktu-waktu akan kehilangan data.

Selain sejumlah fitur yang sudah dijelaskan sebelumnya, masih ada fitur lainnya yaitu fitur pembuatan laporan.

Fitur tersebut bisa membuat laporan harian, bulanan, sisa stok barang, hingga alur kas.
Anda juga bisa mengetahui berapa laba rugi dan omzet penjualan melalui aplikasi ini.

Point of sales berbasis mobile yang dirancang untuk menggantikan sistem kasir berbasis desktop untuk mobilitas yang lebih besar. Kasir Pintar dapat membantu bisnis Anda berjalan lebih efisien dengan fitur berikut: - Menyimpan produk data Anda dan memperbaruinya kapan pun Anda mau. Tidak perlu menulis ulang lagi dari awal. - Ketahui harga produk Anda dengan memindai kode batang dengan ponsel Anda. Tidak perlu membuka buku pricelist berkali-kali untuk mengeceknya. - Secara otomatis membuat laporan laba-rugi untuk bisnis Anda. - Struktur cetak

Aplikasi bisa di unduh disini ||| Android

Labels:

Thursday 9 February 2023

Banyak yang ndak tahu, apa arti follow dan follback di instagram

Maraknya penggunaan media sosial (medsos) di zaman digital seperti sekarang , membuat semua kalangan kini semakin mudah untuk mengakses pertemanan dari berbagai tempat, baik dalam negeri maupun luar negeri. Hal inilah seperti yang terjadi ketika Anda menggunakan medsos Instagram untuk menjalin pertemanan dari berbagai kalangan. Berbicara soal medsos populer yang satu ini, Anda tentu pernah mendengar mendengar istilah follow dan follback, bukan? Ya, dengan adanya kedua fitur ini makan pertemanan yang terjalin akan semakin luas. Namun, tahukah Anda mengenai apa arti follow dan follback di Instagram?

Pengertian follow dan follback di Instagram

Jika membahas mengenai apa arti follow dan follback di Instagram, seorang pengguna Instagram tentu lebih familiar dengan kedua istilah ini, bukan? Namun, hal ini tentu akan membingungkan bagi seorang pemula yang baru mempunyai Instagram, bukan? Maka dari itu, ada baiknya bagi Anda yang baru pemula menyimak informasi lengkapnya di bawah ini.

Secara umum, istilah follow dalam Instagram memiliki makna mengikuti. Dengan me-follow akun Instagram seseorang, maka Anda akan mudah menjumpai postingan orang tersebut di beranda Instagram. Bahkan, Anda bisa melihat berbagai postingan, instastory, feed hingga sorotan yang terdapat di profil pengguna Instagram yang diikuti. Meski demikian, Anda perlu mengetahui bahwa dalam mengikuti akun Instagram bisa dilakukan secara langsung tanpa menunggu konfirmasi akun yang diikuti maupun sebaliknya.

Nah, istilah lain yang perlu Anda ketahui saat menggunakan Instagram adalah follback. Makna dari follback ini yakni istilah yang digunakan untuk saling bertukar pengikut. Semisal Anda mengikuti akun si A, maka Anda juga akan meminta akun tersebut mengikuti Anda balik di Instagram. Tahukah Anda, bahwa orang yang sering follback rupanya akan lebih mudah dalam mendapatkan follower (pengikut) di Instagram. Hal ini tentu menjadi keuntungan bagi pengguna Instagram untuk membuka bisnis di media sosial populer ini, bukan?

Bagaimana cara follback di Instagram?

Setelah mengetahui mengenai apa arti follow dan follback di Instagram, Anda tentu penasaran mengenai bagaimana cara follow dan follback pertemanan, bukan? Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda bisa menyimak beberapa langkah mengenai cara follow dan follback di Instagram seperti berikut ini.

Cara follow akun orang di Instagram

Langkah pertama, buka terlebih dahulu aplikasi Instagram di smartphone Anda.

Setelah terbuka, tekan tombol pencarian untuk mulai mem-follow akun Instagram orang lain.

Kemudian, Anda ketikkan nama akun yang ingin di

Pilih akun yang ingin Anda

Lalu, Anda klik pada bagian follow hingga berubah menjadi

Proses follow akun Instagram orang lain berhasil dilakukan.

Cara follback akun orang di Instagram

Pertama, Anda suruh orang lain untuk mengikuti akun Anda terlebih dahulu atau sebaliknya.

Setelah itu, Anda buka profil Instagram miliknya dan langsung klik pada bagian ‘follback’ pada bagian kotak yang telah tersedia.

Proses follback akun Instagram telah berhasil dilakukan.

Mengenai apa arti follow dan follback di Instagram, Anda sebagai pemula juga perlu mengetahui mengapa alasan orang terkadang tidak mem-follback di Instagram. Hal ini biasanya terjadi karena beberapa hal seperti berikut :

  1. Tidak saling kenal
  2. Tidak menyukai konten
  3. Tidak diminta untuk follback
  4. Menyukai sistem following (mengikuti) lebih sedikit)
  5. Adanya notifikasi follback yang tertutup oleh notifikasi lain

Labels:

Tuesday 7 February 2023

Ternyata mudah ya cara buat Kode QR dengan Cara Online

 

Buat kode QR gratis, yang memiliki sejumlah keunggulan:

  • Edit konten kode QR tanpa mengubah kode itu sendiri;
  • Tetapkan kata sandi untuk kode QR Anda. Hanya pengguna yang mengetahui kata sandi yang dapat melihat isinya;
  • Buat kode QR sekali pakai; 
  • Ubah desain kode QR;
  • Lihat statistik pemindaian.
QR Code Generator memungkinkan Anda membuat kampanye pemasaran yang berkesan dengan QR Code yang dapat dilacak—dirancang oleh Anda.




Labels:

Wednesday 1 February 2023

Panca warna SEO dalam dunia website

 Setelah kamu mengetahui bagaimana cara kerja mesin pencari dalam memfilter website guna ditampilkan di halaman utama, selanjutnya kamu harus mengetahui jenis-jenis dari Search Engine Optimization.

SEO on Page

SEO on page merupakan optimisasi SEO pada halaman depan website dengan memperhatikan, Permalink, Judul Konten, Struktur Konten, Gambar Konten, Sebaran Kata Kunci, Kualitas konten, Internal linking dan Elemen SEO menyangkut (meta description, tag, dll)

Dengan mempraktikan SEO on page pada website, dapat mengoptimalkan halaman website untuk mendapat peringkat yang lebih tinggi dan lebih mudah untuk tampil di penelusuran mesin pencari.

Selain itu kamu juga harus memiliki kualitas konten yang relevan sehingga mesin pencari dapat menemukan website kamu dengan kata kunci yang relevan. Dengan konten yang relevan akan menjawab dari kebutuhan audiens bukan? Jadi untuk kamu yang baru memulai dan baru belajar SEO, alangkah baiknya kamu memahami tentang SEO on page ini.

SEO Off Page

Jika SEO on page berfokus kepada internal website berbeda dengan SEO off page yang lebih berfokus kepada eksternal website.

SEO off page merupakan upaya optimisasi SEO di luar website dengan memperhatikan aspek-aspek yang semestinya ditingkatkan, seperti: Link building (menanamkan backlink), Peningkatan Domain Authority (DA), Peningkatan PA (Page Authority), dan Promosi melalui media sosial atau marketing lainnya.

Dengan menerapkan SEO off page ini akan membuat websitemu memiliki kredibilitas tinggi sehingga mendapatkan kepercayaan dari google untuk ditempatkan di ranking teratas.

Technical SEO

Technical SEO merupakan upaya optimisasi SEO dari bagian dalam website, dengan memperhatikan aspek berupa: Kecepan website, Struktur website, XML Sitemap, Kemanan (SLL), Tema yang SEO Friendly, Layout website dan Navigasi.

Dengan menerapkan technical SEO, website kamu akan memiliki struktur yang bagus dan mudah untuk di baca oleh mesin pencari.

Labels:

Pentingnya seo dalam dunia website, berikut pengertian dan fungsinya

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization yang merupakan teknik yang digunakan untuk optimisasi suatu website dengan tujuan memudahkan mesin pencari untuk menemukan halaman/website dan menempatkan di halaman pertama di mesin pencari dengan keyword yang ditentukan oleh user

Sedangkan dari Wikipedia " Optimisasi mesin pencari atau search engine optimization, biasa disingkat "SEO" adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik ."

Dan juga dikuti dari penyedia jasa domain Niagahoster dalam websitenya menyatakan "SEO adalah kependekan dari “search engine optimization.” Teknik ini merupakan upaya mengoptimasi website agar mendapat ranking teratas di hasil pencarian Google."

dari berbagai argumen dari beberapa website yang saya ambil sebagai refrensi bisa saya Simpulkan secara singkat SEO merupakan Teknik Untuk meningkatkan trafik sebuah website dengan cara systematis.

Dari pengertian tersebut diatas akhirnya timbul pertanyaan , apakah seo penting ???? jawabanya jelas penting sekali untuk meningkatkan trafik salah satunya. lebih detainya mari kita bahas manfaat daripada SEO.

Manfaat SEO banyak dari sedikit diantara yang bisa saya sebutkan sebagai berikut ini : 

Mendapatkan Traffic

Selain itu, menggunakan teknik SEO pada website, akan meningkatkan traffic pengunjung jauh lebih banyak pada halaman pertama. Tentu pengunjung akan banyak mengunjungi situsmu jika kamu berhasil menerpakan teknik SEO ini dan tampil dihalaman pertama pada mesin pencari. User secara otomatis akan memilih website yang pertama kali dia lihat untuk mendapatkan informasi yang lebih cepat.

Relevansi Target

Manfaat penerapan SEO pada website yang akan kamu dapatkan adalah relevansi atau ketepatan target. Mesin pencari akan mengarahkan pengunjung ke tujuan yang mereka inginkan dengan menginputkan kata kunci. Ini akan membuat website atau konten yang kamu buat menjadi lebih sesuai dengan target yang diharapkan.

Meningkatkan Kepercayaan terhadap website kamu

Website yang tampil di halaman pertama sudah dipastikan memiliki kepercayaan pelanggan lebih tinggi. Itu dikarenakan rekomendasi yang diberikan oleh mesin pencari dianggap sangat relevan dan memberikan informasi yang dibutuhkan oleh user.

Meningkatkan Brand

Jika kamu seorang pembisnis atau seorang marketer, SEO dapat digunakan untuk meningkatkan brand awareness yang tentu saja memberikan keuntungan yang berkali-kali lipat. Bagaimana tidak? Bayangkan saja dengan penerapan SEO ini akan meningkatkan mesin pencari untuk menemukan website kamu dan hal hasil, jika webite-mu berada pada halaman pertama menyebabkan banyak orang baru yang tahu mengenai website mu. Secara tidak sadar akan menjadi sebuah promosi yang berpeluang mendatangkan pelanggan baru.

Promosi Berkelanjutan

Kamu dapat memanfaatkan teknik SEO untuk melakukan promosi 24 jam tanpa biaya. Berbeda jika kamu menggunakan google ADS yang memerlukan biaya yang extra untuk mendatangkan pembeli. Dengan menggunakan SEO kamu dapat mempromosikan brand 24 jam tanpa henti selama situs kamu tidak hilang.

nah itulah lah singkat pengertian dan fungsi dari SEO, selanjutnya baca juga nih macam-macam seo yang perlu kita ketahui :

Macam-macam SEO

Labels: